PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA MARKETING ONLINE (Akun Instagram @Fashionyumi_jogja Fashion Style & Outfit Store ) “YUMI FASHION JOGJA”

 


Perkembangan teknologi saat ini, dengan hadirnya smartphone mampu menembus pasar dunia dengan pesat. Karena fitur-fitur yang memudahkan setiap orang untuk mengakses internet secara mobile dimana dan kapan saja, tanpa harus membawa-bawa laptop. Meledaknya smartphone di pasar dunia tidak lepas dari strategi pemasaran dari setiap perusahan. Strategi pemasaran ini, tentu berkaitan dengan komunikasi pemasaran. Menurut Philip Kotler & Kevin Lane Keller (2009), komunikasi pemasaran adalah sarana dimana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual.

Instagram merupakan social media yang sangat di gandrungi oleh masyarakat. Instagram memiliki fitur-fitur yang menarik. Berbagai macam fitur yang tersedia di Instagram yang menjadi daya tarik tentunya adalah foto, video, dan fitur Instagram Story, dengan berbagai efek animasi yang tersedia dalam fitur tersebut. Berbagai fitur menarik yang tersedia pada Instagram, memberi kemudahan bagi para penggunanya, baik untuk sekedar berbagi terkait aktivitas sehari-hari kepada pengguna lainnya, membagikan informasi, dan juga untuk berbisnis.

Setelah sukses menjadi aplikasi yang diminati banyak pengguna, Instagram menjadi media sosial yang banyak sekali peluang untuk berbisnis bagi para penggunanya, bisa dimanfaatkan sebagai media komunikasi pemasaran, melalui share foto-foto produk penjual, dan memiliki banyak followers. Instagram terlihat bertambah fungsi menjadi tempat strategis para pebisnis untuk memasarkan barang dagangannya. Pelaku bisnis yang membuat akun Instagram untuk mempromosikan barang dagangan biasanya lebih mudah menawarkan produk kepada calon pembelinya. Dengan Instagram tentunya semakin mudah penjualan barang, karena dapat menunjukkan foto barang dagangannya dengan ringkas. Karena tampilan Instagram menjadikan foto-foto produk yang diunggahnya di internet layaknya katalog barang.

Berkaitan tentang penggunaan Instagram dalam hal berbisnis, Instagram dapat memberi kemudahan bagi para pelaku bisnis untuk memasarkan dan mempromosikan produknya melalui internet. Social media instagram dapat memberi kemudahan kepada kedua belah pihak, baik produsen maupun konsumen. Dengan adanya social media Instagram, para pelaku bisnis online yang dalam hal ini adalah produsen sebuah produk makanan, minuman, atau barang, dapat memanfaatkan media tersebut guna mempromosikan produk dagangannya, sehingga dapat menjangkau masyarakat luas. Begitu pula dengan konsumen, social media Instagram dapat dimanfaatkan untuk mencari referensi suatu produk barang atau jasa yang diinginkannya.


 Tujuan Penelitian

1.    Mengetahui  pemilihan dan pemanfaatan Instagram sebagai media marketing online yang dilakukan oleh Yumi Fashion Jogja

2.    Mengetahui feedback dari promosi yang telah dilakukan melalui Instagram


A.    Online Marketing

Pemasaran Internet atau pemasaran elektronik (Internet marketing, e-marketing, atau online-marketing) adalah segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media elektronik atau Internet. Huruf 'e' dalam e-marketing ini berarti elektronik yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik melalui jaringan Internet. Dengan terciptanya teknologi Internet, banyak istilah baru yang menggunakan awalan huruf e, seperti halnya: e-mail, e-business, e-gov, e-society, dll.

Sementara tujuan yang jelas dari pemasaran internet adalah untuk menjual barang, jasa atau iklan melalui internet. Namun, itu bukan satu-satunya tujuan bisnis yang menggunakan pemasaran internet; sebuah perusahaan mungkin memasarkan secara online untuk mengkomunikasikan pesan tentang dirinya (membangun mereknya) atau untuk melakukan penelitian. Pemasaran online dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk mengidentifikasi  target pasar  atau menemukan keinginan dan kebutuhan segmen pemasaran.

B.     Social Media

            Media sosial (Social Media) adalah saluran atau sarana pergaulan sosial secara online di dunia maya (internet). Para pengguna (user) media sosial berkomunikasi, berinteraksi, saling kirim pesan, dan saling berbagi (sharing), dan membangun jaringan (networking). Social media merupakan bagian dari New Media, yang mana ialah alat atau sarana untuk bertukar informasi dengan menggunakan tekhnologi internet.

            Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpartisipasi dengan memberi kontribusi secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas. Media sosial mempunyai ciri–ciri seperti, pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet, Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper, pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya, dan penerima pesan yang menentukan waktu interaksi.

C.    Instagram

Instagram adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membagi-bagikan foto dan vidio. Instagram sendiri masih merupakan bagian dari facebook yang memungkinkan teman facebook itu mengikuti kita dalam akun sosial media instagram. Makin populernya instagram sebagai aplikasi yang digunakan untuk membagi foto mengakibatkan banyak pengguna yang terjun ke ranas bisnis seperti akun sosial bisnis yang turut mempromosikan produk-produknya lewat instagram. (M Nisrina, 2015:137).

            Instagram adalah bentuk dari salah satu media jejaring sosial yang dapat dimanfaatkan sebagai media pemasaran langsung, melalui instagramlah produk/jasa dapat ditawarkan dengan meng-upload foto atau vidio singkat, sehingga para calon konsumen dapat melihat jenis-jenis barang/jasa yang ditawarkan. Semakin banyak orang yang menyadari bahwa Instagram merupakan alat promosi yang sangat ampuh. Kecenderungan para pengguna internet ialah lebih tertarik pada bahasa visual. dibandingkan dengan media sosial lainnya, Instagram lebih memaksimalkan fiturnya untuk komunikasi melalui gambar atau foto. Adapun fitur yang tersedia di Instagram adalah :

1.      Unggah foto dan video

Fitur unggah foto dan video memungkinkan pengguna untuk mengunggah foto maupun video yang kemudian akan muncul ke halaman utama pengikut/followers. Pengguna dapat mengunggah foto atau video dalam jumlah yang banyak dalam sekali upload dengan jumlah maksimal 10 foto atau video dalam 1 kali unggah.

2.      Caption

Caption adalah tulisan atau keterangan yang berkaitan dengan foto atau video yang di unggah. Jika pengguna menulis keterangan foto yang menarik, pengguna akan dapat menarik minat followers untuk membaca keseluruhan isi keterangan atau caption tersebut (Diamond, 2015:299).

3.      Komentar

Fitur komentar fungsinya adalah tentu saja untuk mengomentari postingan atau unggahan foto dan video yang dirasa menarik.

4.      Hashtags

            Hashtags atau tanda pagar pada Instagram memudahkan pengguna untuk mengelompokkan foto atau video yang diunggah agar pengguna yang lain dapat dengan mudah menemukan foto atau video sesuai dengan tema atau gambar yang diinginkan.

5.      Like

                        Apabila pengguna Instagram menyukai atau merasa tertarik dengan unggahan foto atau video dari akun pengguna lain yang diikuti, maka dapat memberi like atau suka.

6.      Explore

                        Explore adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat foto dan video dari akun populer, atau unggahan dari akun yang  diikuti atau disukai oleh orang yang diikuti pengguna tersebut.

7.      Instagram Story

                        Instagram Story merupakan fitur yang memungkinkan pengguna Instagram untuk mengupload foto maupun video dengan durasi 15 detik. Foto dan video yang diunggah pada fitur ini tidak dapat bertahan lama, melainkan hanya 24 jam saja.

8.      Live Instagram

                        Live Instagram memungkinkan penggunanya untuk melakukan siaran langsung terkait aktivitas yang tengah dijalani.

9.      Direct Message (DM)

                        Fitur Direct Message memungkinkan pengguna Instagram untuk saling mengirim pesan secara privat.

10.  Geotagging (Tag lokasi)

                        Geotagging adalah memasukkan lokasi foto yang akan diunggah  ke halaman utama. Para pemasar dapat memasukkan lokasi foto saat mengunggahnya, sehingga foto tersebut dapat dikenal dengan area tertentu dan dapat dicari menggunakan lokasi tersebut (Diamond, 2015:300).


PEMBAHASAN

Penggunaan Instagram sebagai media promosi pada Yumi Fashion Jogja dapat dikatakan sudah tepat. Karena, saat ini Instagram merupakan social media yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Adapun untuk penggunaan fitur Instagram dalam proses promosi itu sendiri, dari sepuluh fitur Instagram yang telah dijelaskan, ada enam fitur yang dimanfaatkan oleh Yumi Fashion Jogja untuk promosi, yaitu unggah foto, caption, hashtags, Instagram story, direct message, dan geotagging.

Fitur yang digunakan ini dirasa sangat bermanfaat dalam membantu proses promosi bagi Yumi Fashion Jogja. Seperti fitur upload foto, yang tidak membatasi seberapa banyaknya foto yang dapat di-upload setiap harinya. Dan melalui Instagram juga Yumi Fashion Jogja dapat dikenal secara luas oleh masyarakat, karena Instagram dapat menjangkau audiencesis secara luas. Tapi, dari beragam fitur yang dimiliki Instagram terdapat pula fitur-fitur yang tidak digunakan oleh Yumi Fashion Jogja, karena dirasa kurang maksimal.

Dalam penggunaan Instagram sebagai marketing online pada Yumi Fashion Jogja, ada empat fitur yang tidak digunakan dalam promosi, yaitu fitur like, explore, live Instagram, dan komentar. Meskipun terdapat empat fitur yang tidak digunakan, dan beberapa fitur yang masih belum begitu dimaksimalkan penggunaanya dalam promosi, sejauh ini Yumi Fashion Jogja telah cukup baik dalam melakukan promosi melalui Instagram. Hal itu dapat dilihat dari keaktifan Yumi Fashion Jogja itu sendiri dalam menggunakan beberapa fitur seperti unggah foto, Instagram Story, menggunakan hashtagh pada caption dalam unggahan foto, dan aktif dalam membalas setiap pesan dari followers yang dikirim melalui fitur Direct Message.

Penjualan personal tidak memiliki keterkaitan dengan penggunaan Instagram sebagai promosi, dikarenakan Instagram merupakan bentuk dari social media, sementara penjualan personal sifatnya lebih kepada penjualan secara langsung atau tatap muka. Dalam penggunaan Instagram sebagai media marketing online, tidak memiliki keterkaitan dengan penjualan personal, dikarenakan Instagram merupakan social media yang memungkinkan penggunanya hanya dapat berinteraksi melalui layanan internet saja (online).

Kendati demikian, bahwasanya penggunaan Instagram sebagai media marketing online oleh Yumi Fashion Jogja, sejauh ini  sudah dilaksanakan dengan baik, meskipun ada fitur-fitur yang belum begitu dimanfaatkan dengan maksimal, sehingga nilai-nilai dari bauran promosi pun belum begitu maksimal diterapkan pada Yumi Fashion Jogja.

Keterkaitan sebagai berikut :

1.      Followers (pengikut)

Pada fitur Instagram ini, kaitan antara followers dengan sifat media yaitu media sosial dapat menjangkau target konsumen tertentu dan dapat menjangkau audiencesis diseluruh dunia. Banyaknya followers ini, juga mempengaruhi konsumen untuk mengikuti akun Instagram lain. Dalam hal ini dikaitkan dengan sifat konsumen menurut Jack Trout yaitu kepala konsumen cenderung ragu-ragu dan kepala konsumen cenderung tidak berubah. Terlihat dari akun instagram @Fashionyumi_jogja jumlah followers masih kurang, dikarenakan termasuk ke dalam akun baru.

2.      Upload foto

Fitur ini, foto-foto produk yang di-upload setiap harinya dan tentang waktu upload foto. Kaitan dengan sifat konsumen bahwa kepala konsumen bisa kehilangan fokus apabila melihat banyaknya varian yang di-upload dan sifat media yaitu meningkatkan pelayanan kepada pelanggan karena tersedia akses selama 24 jam, tujuh hari seminggu. Jadi, akun instagram @Fashionyumi_jogja dalam mengupload foto menggunakan jadwal setiap bulan dengan jumlah foto 6 sampai 9 foto. Dari itu, tujuan kami bisa mengupdate gambar produk dengan jumlah yang tidak terlalu banyak.

3.      Judul foto (caption)

Dalam fitur judul foto (caption), pemilik usaha dapat menuliskan informasi produk yang ditawarkan. Dalam menulis caption, harus memperhatikan bahasa yang digunakan karena ini mempengaruhi sifat konsumen bahwa kepala konsumen mempunyai memori terbatas dan kepala konsumen membenci kebingungan. Fitur ini juga menjelaskan, akan lebih baik informasi yang disampaikan langsung terfokus pada maksud tujuan seperti infomasi harga promo. Karena dalam menentukan sebuah harga produk pasti pemilik usaha memiliki pertimbangan. Pada akun instagram @Fashionyumi_jogja, setiap menulis caption cukup singkat, jelas, dan tetap menarik.

4.      Geotagging

Geotagging ini merupakan fitur Instagram yang dimanfaatkan oleh pemilik usaha untuk menginformasikan lokasi. Pada fitur ini, menjelaskan bahwa geotagging dapat disebut sebagai tempat distribusi. Melihat hal ini, mengaitkan antara analisis fitur geotagging dengan salah satu sifat media bahwa media sosial merupakan saluran distribusi alternatif dan mengaitkannya juga dengan salah satu dari empat elemen marketing yaitu place (tempat, termasuk juga distribusi). Tempat distribusi produk Yumi Fashion Jogja adalah di Daerah Istimewa Yogyakarta sebagaimana tertera jelas seperti yang dicantumkan dalam setiap postingan @Fashionyumi_Jogja.

Penggunaan foto instagram menjadi variabel yang paling menarik perhatian konsumen terhadap Yumi Fashion Jogja dibandingkan pesan text. Sedangkan variabel antusiasme pengunjung Yumi Fashion Jogja untuk memposting foto di akun intagram pribadi cukup tinggi, namun tidak cukup kuat menarik minat responden untuk memfollow akun resmi Instagram Yumi Fashion Jogja.

Minat beli responden atas produk Yumi Fashion Jogja cukup sedikit, dapat dilihat dari respon atau komunikasi pemasaran yang dilakukan lewat media Instagram dimana responden sebagian besar ingin mengetahui harga produk yang dijual di Yumi Fashion Jogja. Tanggapan responden terhadap dimensi ketertarikan (Interest) termasuk dalam kategori “Cukup Baik” dikarenakan responden tertarik mengunjungi Yumi Fashion Jogja tetapi tidak terlalu peduli dengan update pada media Instagram mengenai informasi postingan produk terbaru. Informasi yang didapatkan oleh konsumen mengenai Yumi Fashion Jogja mempunyai dampak yang kuat terhadap keinginan responden untuk berbelanja di Yumi Fashion Jogja.

A.                        KESIMPULAN

Yumi Fashion Jogja memilih dan memanfaatkan Instagram sebagai media marketing online-nya dengan faktor-faktor sebagai berikut; menentukan tujuan pemasaran melalui metode promosi online, memanfaatkan fitur yang ada di dalam Instagram, mengenali sifat konsumen untuk pemilihan media pemasaran yang tepat. Dari hal ini dapat menemukan keterkaitan antara faktor-faktor dengan bagaimana cara pemilik usaha memanfaatkan fitur-fitur Instagram yang ada.

                        Dari beragam fitur pendukung bawaan Instagram tersebut, fitur yang paling sering digunakan pada tiap postingan Yumi Fashion Jogja adalah fitur upload foto, caption, hashtags, instagram story, direct message (dm), dan geotagging (tag lokasi). Fitur yang digunakan ini dirasa sangat bermanfaat dalam membantu proses promosi dan marketing bagi Yumi Fashion Jogja. Dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam pemilihan dan memanfaatkan Instagram sebagai media marketing online, terdapat keterkaitan antara fitur-fitur yang dimanfaatkan dengan proses pemilihan media yang tepat untuk Yumi Fashion Jogja.

 

SARAN

Saran untuk para pebisnis online yang menggunakan media sosial Instagram sebagai media marketing online. Di era yang serba digital ini, lebih baik para pebisnis bisa lebih bijak dalam pemilihan media sosial untuk dijadikan media marketing online. Oleh karena itu, para pebisnis online harus mengetahui bagaimana langkah pemilihan media yang tepat, sebelum menggunakan media sosial sebagai media pemasaran online. Karena media sosial yang tepat akan mempengaruhi bagaimana sebuah produk dikenal atau tidaknya oleh para pengguna media sosial lainnya.

 

REFERENSI

Deru R. Indika dan Cindy Jovita 2017. Media Sosial Instagram sebagai Sarana Promosi untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan Universitas Padjadjaran. Vol 01. No 1. Hal 29

Dewaweb.com. (2019, 15 September). Panduan Online Marketing untuk Pemula-Update 2019. Diakses pada 10 Juni 2020, dari https://www.dewaweb.com/blog/online-marketing/

Gumgum Gumilar 2015. Pemanfaatan Instagram Sebagai Sarana Promosi oleh Pengelola Industri Kreatif Fashion di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi Universitas Padjadjaran.Vol V. No 2. Hal 77

Liputan6.com. (2019, 1 Maret). Instagram Adalah Platform Berbagi Foto dan Video, Ini Deretan Fitur Canggihnya. Diakses pada 10 Juni 2020, dari https://m.liputan6.com/tekno/read/3906736/instagram-adalah-platform-berbagi-foto-dan-video-ini-deretan-fitur-canggihnya

M Nisrina. 2015. Bisnis Online, Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis.

Mubarok, Husni (2014). Jejaring Sosial Sebagai Media Komunikasi Pemasaran (Studi Deskriptif pada Akun Twitter @Kalimilk). Program studi Ilmu Komunikasi dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sholihah, Afiffatus (2018). Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Produk Teh Thailand Pikameame Di Yogyakarta). Program studi Ilmu Komunikasi dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Xendit.co. (2018, 20 November). Inilah 5 Strategi Instagram Marketing yang Menunjang Penjualan pada Bisnis Anda. Diakses pada 10 Juni 2020, dari https://www.xendit.co/id/blog/inilah-5-strategi-instagram-marketing-yang-menunjang-penjualan-pada-bisnis-anda/


Komentar

Postingan Populer