PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA MARKETING ONLINE (Akun Instagram @Fashionyumi_jogja Fashion Style & Outfit Store ) “YUMI FASHION JOGJA”
Perkembangan teknologi saat ini, dengan hadirnya smartphone mampu menembus pasar dunia dengan pesat. Karena
fitur-fitur yang memudahkan setiap orang untuk mengakses internet secara mobile dimana dan kapan saja, tanpa
harus membawa-bawa laptop. Meledaknya smartphone
di pasar dunia tidak lepas dari strategi pemasaran dari setiap perusahan.
Strategi pemasaran ini, tentu berkaitan dengan komunikasi pemasaran. Menurut
Philip Kotler & Kevin Lane Keller (2009), komunikasi pemasaran adalah
sarana dimana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan
konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang
dijual.
Instagram
merupakan social media yang sangat di
gandrungi oleh masyarakat. Instagram memiliki fitur-fitur yang menarik.
Berbagai macam fitur yang tersedia di Instagram yang menjadi daya tarik
tentunya adalah foto, video, dan fitur Instagram Story, dengan berbagai efek animasi yang tersedia dalam fitur
tersebut. Berbagai fitur menarik yang tersedia pada Instagram, memberi
kemudahan bagi para penggunanya, baik untuk sekedar berbagi terkait aktivitas
sehari-hari kepada pengguna lainnya, membagikan informasi, dan juga untuk
berbisnis.
Setelah sukses menjadi aplikasi yang diminati banyak
pengguna, Instagram menjadi media sosial yang banyak sekali peluang untuk
berbisnis bagi para penggunanya, bisa dimanfaatkan sebagai media komunikasi
pemasaran, melalui share foto-foto
produk penjual, dan memiliki banyak followers.
Instagram terlihat
bertambah fungsi menjadi tempat strategis para pebisnis untuk
memasarkan barang dagangannya. Pelaku bisnis yang membuat akun Instagram untuk
mempromosikan barang dagangan biasanya lebih mudah menawarkan produk kepada
calon pembelinya.
Dengan Instagram tentunya
semakin mudah penjualan barang, karena dapat menunjukkan foto barang
dagangannya dengan ringkas. Karena tampilan Instagram
menjadikan foto-foto produk yang diunggahnya di internet layaknya
katalog barang.
Berkaitan tentang penggunaan Instagram dalam hal berbisnis, Instagram dapat memberi kemudahan bagi para pelaku bisnis untuk memasarkan dan mempromosikan produknya melalui internet. Social media instagram dapat memberi kemudahan kepada kedua belah pihak, baik produsen maupun konsumen. Dengan adanya social media Instagram, para pelaku bisnis online yang dalam hal ini adalah produsen sebuah produk makanan, minuman, atau barang, dapat memanfaatkan media tersebut guna mempromosikan produk dagangannya, sehingga dapat menjangkau masyarakat luas. Begitu pula dengan konsumen, social media Instagram dapat dimanfaatkan untuk mencari referensi suatu produk barang atau jasa yang diinginkannya.
Tujuan Penelitian
1. Mengetahui pemilihan dan pemanfaatan Instagram sebagai media marketing online yang dilakukan oleh Yumi Fashion Jogja
2. Mengetahui feedback
dari promosi yang telah dilakukan melalui Instagram
A. Online Marketing
Pemasaran
Internet atau pemasaran elektronik (Internet marketing, e-marketing, atau
online-marketing) adalah segala upaya yang dilakukan untuk melakukan
pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media elektronik atau
Internet. Huruf 'e' dalam e-marketing ini berarti elektronik yang artinya
kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik melalui
jaringan Internet. Dengan terciptanya teknologi Internet, banyak istilah baru
yang menggunakan awalan huruf e, seperti halnya: e-mail, e-business, e-gov,
e-society, dll.
Sementara
tujuan yang jelas dari pemasaran internet adalah untuk menjual barang, jasa
atau iklan melalui internet. Namun, itu bukan satu-satunya tujuan bisnis yang
menggunakan pemasaran internet; sebuah perusahaan mungkin memasarkan secara
online untuk mengkomunikasikan pesan tentang dirinya (membangun mereknya) atau
untuk melakukan penelitian. Pemasaran online dapat menjadi cara yang sangat
efektif untuk mengidentifikasi target
pasar atau menemukan keinginan dan
kebutuhan segmen pemasaran.
B. Social Media
Media sosial (Social Media) adalah saluran atau sarana
pergaulan sosial secara online di dunia maya (internet). Para pengguna (user)
media sosial berkomunikasi, berinteraksi, saling kirim pesan, dan saling berbagi
(sharing), dan membangun jaringan (networking). Social media merupakan bagian dari New
Media, yang mana ialah alat atau sarana untuk bertukar informasi dengan
menggunakan tekhnologi internet.
Media
sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpartisipasi dengan memberi
kontribusi secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam
waktu yang cepat dan tak terbatas. Media sosial mempunyai ciri–ciri seperti, pesan
yang di sampaikan tidak hanya untuk
satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS
ataupun internet, Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper, pesan yang di sampaikan
cenderung lebih cepat di banding
media lainnya, dan penerima pesan yang menentukan waktu interaksi.
C. Instagram
Instagram
adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membagi-bagikan foto dan vidio.
Instagram sendiri masih merupakan bagian dari facebook yang
memungkinkan teman facebook itu
mengikuti kita dalam akun sosial media instagram. Makin populernya instagram
sebagai aplikasi yang digunakan untuk membagi foto mengakibatkan banyak
pengguna yang terjun ke ranas bisnis seperti akun sosial bisnis yang turut
mempromosikan produk-produknya lewat instagram. (M Nisrina, 2015:137).
Instagram adalah bentuk
dari salah satu media jejaring sosial yang dapat dimanfaatkan sebagai media
pemasaran langsung, melalui instagramlah produk/jasa dapat ditawarkan dengan
meng-upload foto atau vidio singkat,
sehingga para calon konsumen dapat melihat jenis-jenis barang/jasa yang
ditawarkan. Semakin banyak orang yang menyadari bahwa Instagram merupakan alat
promosi yang sangat ampuh. Kecenderungan para pengguna
internet ialah lebih tertarik pada bahasa visual. dibandingkan dengan media
sosial lainnya, Instagram lebih memaksimalkan fiturnya untuk komunikasi melalui
gambar atau foto. Adapun fitur yang tersedia di
Instagram adalah :
1. Unggah foto dan
video
Fitur unggah foto dan video memungkinkan pengguna untuk
mengunggah foto maupun video yang kemudian akan muncul ke halaman utama pengikut/followers. Pengguna dapat mengunggah
foto atau video dalam jumlah yang banyak dalam sekali upload dengan jumlah maksimal 10 foto atau video dalam 1 kali
unggah.
2. Caption
Caption adalah tulisan atau keterangan yang berkaitan
dengan foto atau video yang di unggah. Jika pengguna menulis keterangan foto
yang menarik, pengguna akan dapat menarik minat followers untuk membaca keseluruhan isi keterangan atau caption
tersebut (Diamond, 2015:299).
3. Komentar
Fitur komentar fungsinya adalah tentu saja
untuk mengomentari postingan atau unggahan foto dan video yang dirasa menarik.
4.
Hashtags
Hashtags atau tanda pagar pada
Instagram memudahkan pengguna untuk mengelompokkan foto atau video yang
diunggah agar pengguna yang lain dapat dengan mudah menemukan foto atau video
sesuai dengan tema atau gambar yang diinginkan.
5.
Like
Apabila pengguna Instagram
menyukai atau merasa tertarik dengan unggahan foto atau video dari akun
pengguna lain yang diikuti, maka dapat memberi like atau suka.
6.
Explore
Explore adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat foto dan video dari akun populer,
atau unggahan dari akun yang diikuti atau disukai oleh orang yang
diikuti pengguna tersebut.
7.
Instagram Story
Instagram Story
merupakan fitur yang memungkinkan pengguna Instagram untuk mengupload foto maupun video dengan durasi
15 detik. Foto dan video yang diunggah pada fitur ini tidak dapat bertahan lama,
melainkan hanya 24 jam saja.
8.
Live Instagram
Live Instagram memungkinkan penggunanya untuk melakukan siaran
langsung terkait aktivitas yang tengah dijalani.
9.
Direct Message
(DM)
Fitur Direct
Message memungkinkan pengguna Instagram untuk saling mengirim pesan secara privat.
10.
Geotagging (Tag lokasi)
Geotagging
adalah memasukkan lokasi foto
yang akan diunggah ke halaman utama.
Para pemasar dapat memasukkan lokasi foto saat mengunggahnya, sehingga foto
tersebut dapat dikenal dengan area tertentu dan dapat dicari menggunakan lokasi
tersebut (Diamond, 2015:300).
PEMBAHASAN
Penggunaan
Instagram sebagai media promosi pada Yumi Fashion Jogja dapat dikatakan sudah tepat.
Karena, saat ini Instagram merupakan social
media yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Adapun untuk penggunaan
fitur Instagram dalam proses promosi itu sendiri, dari sepuluh fitur Instagram
yang telah dijelaskan,
ada enam
fitur yang dimanfaatkan oleh Yumi Fashion Jogja untuk promosi,
yaitu unggah foto, caption, hashtags, Instagram
story, direct message, dan geotagging.
Fitur yang digunakan ini dirasa sangat bermanfaat dalam membantu proses
promosi bagi Yumi
Fashion Jogja. Seperti fitur upload foto, yang tidak membatasi
seberapa banyaknya foto yang
dapat di-upload setiap harinya.
Dan melalui Instagram
juga Yumi Fashion Jogja dapat dikenal secara luas oleh
masyarakat, karena Instagram dapat menjangkau
audiencesis secara luas. Tapi, dari beragam
fitur yang dimiliki Instagram terdapat pula fitur-fitur yang tidak digunakan oleh Yumi Fashion Jogja, karena dirasa kurang maksimal.
Dalam
penggunaan Instagram sebagai marketing online pada Yumi Fashion Jogja, ada empat fitur yang tidak
digunakan dalam promosi, yaitu fitur like,
explore, live Instagram, dan komentar. Meskipun
terdapat empat fitur yang tidak digunakan, dan beberapa fitur yang masih belum
begitu dimaksimalkan penggunaanya dalam promosi, sejauh ini Yumi Fashion Jogja telah cukup baik dalam melakukan promosi melalui Instagram. Hal itu
dapat dilihat dari keaktifan Yumi Fashion Jogja itu sendiri
dalam menggunakan beberapa fitur seperti unggah foto, Instagram Story, menggunakan hashtagh pada caption dalam unggahan foto, dan aktif dalam membalas setiap pesan dari followers yang dikirim melalui fitur Direct Message.
Penjualan
personal tidak memiliki keterkaitan dengan penggunaan Instagram sebagai
promosi, dikarenakan Instagram merupakan bentuk dari social media, sementara penjualan personal sifatnya lebih kepada
penjualan secara langsung atau tatap muka. Dalam penggunaan Instagram sebagai
media marketing online, tidak memiliki
keterkaitan dengan penjualan personal, dikarenakan Instagram merupakan social media yang memungkinkan
penggunanya hanya dapat berinteraksi melalui layanan internet saja (online).
Kendati
demikian, bahwasanya penggunaan Instagram sebagai media marketing online oleh Yumi Fashion Jogja, sejauh ini sudah
dilaksanakan dengan baik, meskipun ada fitur-fitur yang belum begitu
dimanfaatkan dengan maksimal, sehingga nilai-nilai dari bauran promosi pun belum begitu maksimal
diterapkan pada Yumi
Fashion Jogja.
Keterkaitan
sebagai berikut :
1. Followers (pengikut)
Pada fitur Instagram ini, kaitan antara followers dengan sifat media yaitu media sosial dapat menjangkau target konsumen
tertentu dan dapat menjangkau audiencesis
diseluruh dunia. Banyaknya followers ini,
juga mempengaruhi konsumen untuk mengikuti akun Instagram lain. Dalam hal ini dikaitkan dengan
sifat konsumen menurut Jack
Trout yaitu kepala konsumen cenderung ragu-ragu dan kepala konsumen cenderung
tidak berubah. Terlihat dari akun instagram
@Fashionyumi_jogja jumlah followers masih kurang, dikarenakan termasuk ke dalam
akun baru.
2. Upload foto
Fitur ini, foto-foto produk yang di-upload setiap harinya dan tentang waktu upload foto. Kaitan dengan sifat konsumen bahwa kepala konsumen bisa
kehilangan fokus apabila melihat banyaknya varian yang di-upload dan sifat media yaitu meningkatkan pelayanan kepada
pelanggan karena tersedia akses selama 24 jam, tujuh hari seminggu. Jadi, akun instagram
@Fashionyumi_jogja dalam mengupload foto menggunakan jadwal setiap bulan
dengan jumlah foto 6 sampai 9 foto. Dari itu, tujuan kami bisa mengupdate
gambar produk dengan jumlah yang tidak terlalu banyak.
3. Judul foto (caption)
Dalam fitur judul foto (caption), pemilik usaha dapat menuliskan informasi produk yang ditawarkan. Dalam menulis caption, harus memperhatikan bahasa yang digunakan karena ini mempengaruhi sifat konsumen bahwa kepala konsumen mempunyai memori terbatas dan kepala konsumen membenci kebingungan. Fitur ini juga menjelaskan, akan lebih baik informasi yang disampaikan langsung terfokus pada maksud tujuan seperti infomasi harga promo. Karena dalam menentukan sebuah harga produk pasti pemilik usaha memiliki pertimbangan. Pada akun instagram @Fashionyumi_jogja, setiap menulis caption cukup singkat, jelas, dan tetap menarik.
4. Geotagging
Geotagging ini merupakan fitur Instagram yang dimanfaatkan oleh pemilik usaha untuk menginformasikan lokasi. Pada fitur ini, menjelaskan bahwa geotagging dapat disebut sebagai tempat distribusi. Melihat hal ini, mengaitkan antara analisis fitur geotagging dengan salah satu sifat media bahwa media sosial merupakan saluran distribusi alternatif dan mengaitkannya juga dengan salah satu dari empat elemen marketing yaitu place (tempat, termasuk juga distribusi). Tempat distribusi produk Yumi Fashion Jogja adalah di Daerah Istimewa Yogyakarta sebagaimana tertera jelas seperti yang dicantumkan dalam setiap postingan @Fashionyumi_Jogja.
Penggunaan foto
instagram menjadi variabel yang paling menarik perhatian konsumen terhadap Yumi Fashion Jogja dibandingkan pesan
text. Sedangkan variabel antusiasme pengunjung Yumi
Fashion Jogja untuk memposting foto di akun
intagram pribadi cukup tinggi, namun tidak cukup kuat menarik minat responden
untuk memfollow akun resmi Instagram Yumi
Fashion Jogja.
Minat beli responden atas produk Yumi Fashion Jogja cukup sedikit, dapat dilihat dari respon atau komunikasi pemasaran yang dilakukan lewat media Instagram dimana responden sebagian besar ingin mengetahui harga produk yang dijual di Yumi Fashion Jogja. Tanggapan responden terhadap dimensi ketertarikan (Interest) termasuk dalam kategori “Cukup Baik” dikarenakan responden tertarik mengunjungi Yumi Fashion Jogja tetapi tidak terlalu peduli dengan update pada media Instagram mengenai informasi postingan produk terbaru. Informasi yang didapatkan oleh konsumen mengenai Yumi Fashion Jogja mempunyai dampak yang kuat terhadap keinginan responden untuk berbelanja di Yumi Fashion Jogja.
A.
KESIMPULAN
Yumi
Fashion Jogja memilih dan
memanfaatkan Instagram sebagai media marketing online-nya dengan faktor-faktor sebagai
berikut; menentukan tujuan pemasaran melalui metode promosi online,
memanfaatkan fitur yang ada di dalam Instagram, mengenali sifat konsumen untuk pemilihan media pemasaran yang tepat. Dari hal
ini dapat menemukan keterkaitan antara faktor-faktor dengan bagaimana
cara pemilik usaha memanfaatkan fitur-fitur Instagram yang ada.
Dari beragam fitur pendukung bawaan Instagram
tersebut, fitur yang paling sering digunakan pada tiap postingan Yumi Fashion Jogja
adalah fitur upload foto, caption, hashtags, instagram story, direct message (dm), dan
geotagging (tag lokasi). Fitur yang digunakan ini dirasa sangat bermanfaat
dalam membantu proses promosi dan marketing bagi Yumi Fashion Jogja.
Dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam pemilihan dan memanfaatkan Instagram
sebagai media marketing online, terdapat
keterkaitan antara fitur-fitur yang dimanfaatkan dengan proses pemilihan media yang tepat
untuk Yumi Fashion Jogja.
SARAN
Saran untuk para pebisnis online yang menggunakan media sosial Instagram sebagai media marketing online. Di era yang serba digital ini, lebih baik para
pebisnis bisa lebih bijak dalam pemilihan media sosial untuk dijadikan media marketing online. Oleh karena itu, para pebisnis online harus mengetahui bagaimana langkah pemilihan media
yang tepat, sebelum menggunakan media sosial sebagai media pemasaran online. Karena media sosial yang tepat
akan mempengaruhi bagaimana sebuah produk dikenal atau tidaknya oleh para
pengguna media sosial lainnya.
REFERENSI
Deru R.
Indika dan Cindy Jovita 2017. Media Sosial Instagram sebagai Sarana Promosi
untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan Universitas
Padjadjaran. Vol 01. No 1. Hal 29
Dewaweb.com.
(2019, 15 September). Panduan Online Marketing untuk Pemula-Update 2019.
Diakses pada 10 Juni 2020, dari https://www.dewaweb.com/blog/online-marketing/
Gumgum
Gumilar 2015. Pemanfaatan Instagram Sebagai Sarana Promosi oleh Pengelola
Industri Kreatif Fashion di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi
Universitas Padjadjaran.Vol V. No 2. Hal 77
Liputan6.com. (2019, 1 Maret). Instagram Adalah
Platform Berbagi Foto dan Video, Ini Deretan Fitur Canggihnya.
Diakses pada 10 Juni 2020, dari https://m.liputan6.com/tekno/read/3906736/instagram-adalah-platform-berbagi-foto-dan-video-ini-deretan-fitur-canggihnya
M Nisrina. 2015. Bisnis
Online, Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis.
Mubarok, Husni (2014). Jejaring Sosial Sebagai Media Komunikasi
Pemasaran (Studi Deskriptif pada Akun Twitter @Kalimilk). Program studi
Ilmu Komunikasi dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Yogyakarta.
Sholihah, Afiffatus (2018). Penggunaan Instagram Sebagai Media
Promosi (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Produk Teh Thailand
Pikameame Di Yogyakarta). Program studi Ilmu Komunikasi dan Humaniora Universitas
Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Xendit.co.
(2018, 20 November). Inilah 5 Strategi Instagram Marketing yang Menunjang
Penjualan pada Bisnis Anda. Diakses pada 10 Juni 2020, dari https://www.xendit.co/id/blog/inilah-5-strategi-instagram-marketing-yang-menunjang-penjualan-pada-bisnis-anda/
Komentar
Posting Komentar