CARA MENGGUNAKAN FUNGSI IF DAN FUNGSI IF AND PADA MICROSOFT EXCEL

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Berjumpa lagi dengan MS. Excel. Kali ini, saya akan berbagi mengenai Fungsi IF dan Fungsi IF AND. Ikuti langkah-langkah berikut yaaa....

A.   FUNGSI IF

1. Buatlah tabel disertai data yang akan dihitung, seperti pada gambar di bawah ini :



2. Untuk mencari RATA-RATA, dapat menggunakan rumus =AVERAGE. Pada gambar di atas, rata-rata dapat dicari dengan rumus =AVERAGE(C6:E6). Setelah itu, tekan Enter.



3. Untuk menghitung rata-rata pada baris berikutnya, tidak perlu untuk menulis rumus lagi. Tetapi cukup dengan mengcopy rumus baris sebelumnya dengan cara  blok sel kemudian arahkan kursor ke pojok bawah kanan hingga berubah menjadi tanda (+) kemudian tarik kursor sampai batas sel yang diinginkan.


4. Kolom selanjutnya adalah NILAI HURUF. Untuk nilai huruf sudah ditentukan pada tabel sebelah kanan. Bahwa jika rata-rata 86-100 maka bernilai A, 71-85 bernilai B, 56-70 bernilai C, 41-55 bernilai D, <40 bernilai E. Dari keterangan tersebut, rumus yang harus dituliskan adalah =IF(F6>=86;"A";IF(F6>=71;"B";IF(F6>=56;"C";IF(F6>=41;"D";IF(F6<40;"E"))))) kemudian tekan Enter.


5. Untuk mengisi baris selanjutnya pada kolom NILAI HURUF, cukup dengan mengcopy seperti pada langkah sebelumnya.


6. Selanjutnya adalah kolom KETERANGAN, dengan ketentuan : Jika nilai RATA-RATA lebih besar dari 70 maka KETERANGAN diisi "LULUS", Jika nilai RATA-RATA kurang dari sama dengan 70 maka KETERANGAN diisi "REMIDI". Dari ketentuan tersebut dapat dituliskan rumus =IF(F6>70;"LULUS";IF(F6<=70;"REMIDI")). Jangan lupa jika telah menuliskan rumus maka akhiri dengan tekan Enter.



7. Untuk mengisi baris selanjutnya pada kolom KETERANGAN, cukup dengan mengcopy seperti pada langkah sebelumnya.


8. Seperti inilah tampilan akhir dari langkah-langkah di atas


B. FUNGSI IF AND


1. Langkah yang pertama pasti persiapkan tabel yang perlu dihitung menggunakan formula


2. Untuk mengisi kolom KETERANGAN cukup dengan =IF(AND(C5>=65;D5>=75);"LULUS";"GAGAL") kemudian tekan Enter


3. Untuk menulis KETERANGAN  pada baris berikutnya, tidak perlu untuk menulis rumus lagi. Tetapi cukup dengan mengcopy rumus baris sebelumnya dengan cara  blok sel kemudian arahkan kursor ke pojok bawah kanan hingga berubah menjadi tanda (+) kemudian tarik kursor sampai batas sel yang diinginkan.

 

4. Untuk FUNGSI IF AND, cukup sekian.


Apabila langkah-langkah tersebut terdapat kesalahan, mohon maaf. Semoga membantu kebingungan Anda. Sesungguhnya Awal dari Pengetahuan adalah Kebingungan. Tetap Semangat!!!
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Komentar

Postingan Populer