CARA MEMBUAT DOCUMENT PRESENTASI PADA POWER POINT


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Masih tetap semangat??? Kembali lagi dengan saya, postingan kali ini adalah tutorial tentang aplikasi Power Point. Disini Saya akan menjelaskan bagaimana cara menyisipkan gambar, video, tabel, bagan, dan mengganti background agar setiap slide berbeda serta menambahkan tombol untuk mempermudah menuju slide yang diinginkan. Selain itu, dari sini kita dapat berkreasi dengan sekreatif mungkin.

Perhatikan dengan baik!! Ikuti langkah-langkah berikut secara runtut ya...

2. Klik home kemudian pilih slide baru sesuai dengan bentuk slide yang dibutuhkan.


3.Tambahkan beberapa tulisan sesuai dengan materi yang akan disampaikan.

4. Kemudian pilih background desain. Jika kita akan memberi backgroud yang berbeda pada setiap slide,
maka pilih design kemudian klik kanan pada design tersebut dan pilih “Apply to selected sliders”


5. Tambahkan Transitions agar terlihat menarik dan tidak monoton. Karena seseorang dari power point kita dapat melihat kepribadian seseorang. Seperti pada gambar di bawah ini : 


6. Tambahkan juga Animasi pada setiap tulisan 


7. Tambahkan juga gambar yang mendukung jika diperlukan. Klik Sisipkan kemudian pilih Gambar   


8. Selanjutnya ambillah gambar dari file yang sudah ada. pilih salah satu gambar, setelah itu klik insert. Jika ingin gambar yang tidak ada latar belakang, maka carilah type (png). 


9. Dapat juga ditambahkan logo atau gambar lainnya yang disisipkan. Dengan cara klik Insert pilih Clip Art, ketiklah gambar yang akan disisipkan kemudian klik “Go”. Selanjutnya klik dua kali pada gambar yang dipilih. Lalu letakkan pada posisi yang sesuai. 


Inilah salah satu contoh tampilan depan Power Point sesuai langkah-langkah di atas.


10. Tombol utama sangat membantu dalam mempresentasikan suatu materi. Oleh karena itu, penting untuk memberikan tombol utama di dalam sebuah Power Point. Pertama, langkah yang harus dilakukan adalah buatlah slide baru dengan bentuk sesuai kebutuhan. Seperti langkah yang ada di awal.   


11. Kemudian pilih design yang berbeda dari slide sebelummnya. Klik kanan pada desain yang dipilih, akan muncul beberapa pilihan. Selanjutnya pilih “Terapkan ke Slider yang Dipilih”   


12. Untuk membuat tombol utama, diperlukan kumpulan beberapa bentuk. Bentuk tersebut dapat dibuat sendiri dan dapat pula memilih dari yang sudah ada. Untuk mempermudah, bisa langsung memakai “Insert SmartArt Graphic” Pilih bentuk sesuai selera.   


13. Tambahkan teks pada bagian-bagian bentuk yang akan dijadikan tombol utama. Sesuaikan warna dan bentuk huruf dengan materi presentasi. Klik pada bentuk tersebut, kemudian ketik tulisannya. 


14. Kemudian tombol yang digunakan untuk Previous, Next Slide, dan Home. pilih salah satu bentuk yang akan dijadikan rumah atau yang lainnya. Klik bentuk tersebut dan letakkan di sebelah mana saja, tetapi pada contoh saya di tempat di pojok kiri bawah.   


15. Setelah meletakkan bentuk tersebut, secara otomatis akan muncul pilihan sebagai berikut. Berhubung yang menjadi contoh adalah menu (home), maka lingkari pada hyperlink untuk kemudian arahkan pada pilihan slide 


16. Setelah itu, pilihlah slide yang menjadi halaman utama. 


17. Berikutnya adalah untuk “Previous” dan “Next Slide”. caranya masih sama seperti sebelumnya. Yaitu tempat yang akan dijadikan tombol slide sebelumnya maupun slide berikutnya. Lalu, pilih Sisipkan klik Hyperlink. Maka, akan muncul beberapa pilihan.


18. Pilih “Place in The Document” lalu klik Next Slide


19. Masih sama seperti sebelumnya, jika ingin membuat tombol Sebelumnya maka Pilih “Place in The Document” lalu klik Sebelumnya kemudian OK 


20. Jika ingin memberikan tombol menu pada setiap slide, untuk meningkatkan waktu caranya adalah dengan menekan Ctrl dan klik bentuk yang akan dijadikan Previous, home, Next Slide secara bersamaan kemudian pilih copy.


21. Kemudian Paste pada setiap slide 


Seperti inilah tampilannya!!!


22. Jika ingin mengganti background dengan gambar, maka klik kanan pada background, kemudian pilih format background


23. Akan muncul pilihan, maka lingkari pada “Picture or Texture Fill” selanjutnya pilih file gambar yang akan dijadikan background 


berikut hasilnya


Cara membuat tabel di Power Point

24. Pilih Insert kemudian klik tabel. Tentukan jumlah kolom dan barisnya.  


25. Pilih desain yang mendukung

26. Jika ingin menghapus garis pada tabel tersebut, cukup dengan memblokir tabel yang akan dihapus kemudian pilih “Merge Cells” pada tata letak menu.


27. Dan jika Anda ingin membuat tulisan dengan arah vertikal, maka pilih menu home lalu text direction selanjutnya pilih “rotate all text 90˚”, menulis menulis


Seperti gambar di bawah ini!!


Cara menyisipkan Video


28. Pilih Insert kemudian klik “Video” setelah itu, klik “video from file” kemudian ambil video dari file yang akan disisipkan.


29. Untuk pengaturan video, pilih Putar ulang selanjutnya klik Mulai kemudian pilih atau otomatis. Secara otomatis jika kita membuka slide tersebut, maka secara otomatis video tersebut berjalan dengan sendirinya. Sedangkan On Click, hanya dan hanya jika kita click maka video baru akan berjalan/berputar.


Menyisipkan file dokumen dalam bentuk apapun ke dalam Power Point


30. Ambil bagan yang ada di Smart Art


31. Tulislah file dokumen yang akan disispkan pada setiap bagannya.

32. Klik pada bagan tersebut kemudian pilih Hyperlink pada Insert

33. Selanjutnya pilih file atau halaman web yang ada – folder saat ini, lalu carilah file dokumen yang akan disisipkan kemudian klik OK.


Gambar di bawah ini, adalah salah satu contoh slide    



Alhamdulillah, tutorial cara membuat Presentasi Dokumen pada Power Point sudah selesai. Bagaimana??? Mudah kan??? Semoga dapat membantu, dan bermanfaat bagi Anda!! Selamat Mencoba...
Mohon maaf apabila dalam tutorial di atas terdapat kekurangan. Karena kesempurnaan hanya milik Allah Swt..
Akhir kata, Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
 

 

Komentar

Postingan Populer